MASIGNCLEAN101

Bidang Pandang dalam Fotografi

Halo! Perkenalkan nama saya Ihsan Prasetya. Saya adalah orang yang sedang belajar fotografi dan blog. Ini adalah artikel pertama saya di blog ini. Jadi, maklumi saja kalau masih cupu hehe. Sebagai orang yang masih belajar dalam hal fotografi, tidak ada salahnya jika saya membagikan sedikit ilmu yang saya ketahui kepada orang lain. Saya ingin blog ini jadi tempat kita sharing ilmu tentang fotografi, videografi, atau yang lainnya agar kita bisa berkembang bersama-sama karena kita sama-sama belajar.

  Pada artikel pertama  ini, saya akan membahas hal yang mendasar yang harus kita pelajari ketika kita akan terjun di bidang fotografi. Apa itu? Yang akan kita pelajari adalah bidang pandang. Bidang pandang adalah hal yang penting untuk dipelajari sebelum kita mempelajari teknik-teknik fotografi lainnya. Karna sejatinya, bidang pandang ini memengaruhi kesan objek terhadap background dan frame.

  Lalu apa sih bidang pandang itu? Bidang pandang atau shot size adalah suatu metode dalam pengambilan gambar yang menentukan luas bidang pandangan suatu objek dalam foto terhadap background atau latar belakang. Dengan menentukan bidang pandang yang pas dapat memberikan pesan atau kesan yang sesuai.

  Setiap bidang pandang memiliki motivasi dan tujuannya masing-masing. Berikut macam-macam bidang pandang yang perlu kamu ketahui :

1. Extreme Long Shot (XLS)



Yang pertama adalah bidang pandang Extreme Long Shot. Pada bidang pandang ini, gambar diambil dari jarak yang sangat jauh. Sehingga gambar memiliki Panjang luas dan berdimensi lebar. Dalam bidang pandang ini diperlukan area yang sangat luas sehingga memberi gambaran tentang kondisi lingkungan sekitar objek. Dalam bidang pandang ini objek terlihat sangat kecil dalam frame. Kira-kira seukuran 1/6 dari ketinggian frame. Walaupun objek terlihat sangat kecil dalam frame, orang yang melihat gambar ini tetap akan mengetahui bahwa subjek adalah manusia.  Bidang pandang ini biasa digunakan untuk landscape fotografi seperti foto pemandangan pegunungan, perkotaan, dll.


2. Very Long Shot (VLS)


sumber : unsplash.com

Selanjutnya adalah bidang pandang Very Long Shot. Teknik ini hampir sama dengan bidang pandang Extreme Long Shot. Akan tetapi, ukuran subjek kira kira 1/3 dari ketinggian frame. Dengan kata lain, ukuran subjek 2 kali lebih besar dari bidang pandang Extreme Long Shot dan jarak pandang yang sedikit lebih sempit dibandingkan bidang pandang Extreme Long Shot. Dalam bidang pandang ini, jenis kelamin subjek mulai dikenali.


3. Long Shot (LS)


sumber : unsplash.com

Pada bidang gambar ini, subjek hamper memenuhi frame dari kaki sampai atas kepala. Aktivitas dari subjek mulai telihat walaupun ekspresi dari subjek tidak terlihat jelas.


4. Medium Long Shot (MLS) / Knee Shot


sumber : unsplash.com

Pada shot ini, diperlihatkan objek manusia dari atas lutut sampai atas kepala. Dibanding bidang pandang Long Shot, objek terlihat lebih dekat. Jangan lupakan head room pada pengambilan gambar. Bidang pandang ini memiliki tujuan untuk memperlihatkan secara jelas aktivitas yang dilakukan oleh objek.

5. Mid Shot (MS)


sumber : unsplash.com

Lebih dekat dibanding Medium Long Shot, objek ditampilkan dari atas pinggang sampai atas kepala. Sehingga objek terlihat lebih besar daripada bidang pandang lainnya. Dan jangan lupa head room tetap diperhatikan ya sob. Dalam shot ini latar belakang masih terlihat dominan daripada objek. Dalam bidang pandang ini, ekspresi dari objek mulai terlihat.


6. Medium Close Up (MCU)


sumber : unsplash.com

Tentu akan semakin dekat dengan objek. Disini objek diperlihatkan dari bagian dada sampai atas kepala. Bidang pandang ini sering digunakan pada adegan yang membutuhkan kejelasan pada mimik dan ekspresi tanpa menghilangkan informasi tentang aktivitas yang dilakukan objek. Sehingga teknik ini cocok digunakan untuk foto candid.

7. Close Up (CU)


sumber : unsplash.com

Menampilkan seluruh wajah dari objek. Foto diambil dari bahu sampai atas kepala objek. Wajah objek menjadi pusat perhatian dan latar belakang terlihat minim. Bidang pandang ini bertujuan untuk memperlihatkan ekspresi dari objek. 

8. Big Close Up (BCU)


sumber : unsplash.com

Pada Big Close Up, objek mengisi seluruh frame dan terlihat jelas detail dari objek. Hampir sama dengan Close Up, Big Close Up menampilkan seluruh wajah. Hanya perbedaannya terletak pada ketegasan ekspresi yang ditonjolkan oleh objek.

9. Extreme Close Up (ECU)


sumber : unsplash.com

Extreme Close Up adealah shot yang menampilkan bagian tertentu pada tubuh manusia. Tujua dari shot ini adalah memperlihatkan detail pada suatu objek tubuh manusia seperti mata, bibir, hidung, atau yang lainnya.

Nah, 9 bidang pandang diatas sangat berpengaruh pada kesan yang ditimbulkan pada suatu gambar. Sehingga wajib hukumnya untuk dipalajari jika kita tertarik dalam hal fotografi. Sekian artikel tentang Bidang Pandang dalam fotografi. Semoga bermanfaat

Share This :
Ihsan Prasetya