MASIGNCLEAN101

5 Tips Landscape Fotografi


Pemandangan alam adalah suatu spot yang menjadi kegemaran bagi orang yang ingin memotret. Dengan keindahannya yang alami, alam menjadi suatu destinasi bagi sekelompok orang yang ingin refreshing atau memanjakan mata mereka. Gunung-gunung yang berjajar, pohon pohon hijau sebagai penghias merupakan karakteristik dari jenis fotografi ini. Walaupun, memang tidak semua landscape fotografi adalah pegunungan. Gurun dan sungai juga merupakan spot yang perlu kalian coba guys.
Pemandangan alam adalah jenis fotografi yang popular. Karena landscape fotografi memiliki daya tarik yang luar biasa. Dipenuhi dengan warna yang beragam, detail yang menakjubkan, serta kedalaman yang luar biasa.

Namun, untuk menghasilkan foto landscape yang bagus tidak semudah yang kita kira. Biasanya kitya tidak mampu untuk menyampaikan hal yang menarik dari spot yang kita foto. Untuk itu, kali ini saya akan membahas tips untuk menghasilkan foto landscape yang indah. Berikut tipsnya :

1. Pilih Tempat yang Menarik



Sebenarnya tidak begitu sulit bagi kita orang Indonesia untuk menemukan spot-spot yang indah untuk dijadikan foto landscape. Banyak sekali tempat di Indonesia yang menampilkan keindahan pegunungan, air terjun, dan lainnya. Kalian bisa search di google atau tanya ke orang sekitar agar kalian bisa mendapatkan referensi spot yang mempesona tentunya. Kalian juga perlu untuk menemukan susuatu yang baru atau tidak biasa dari tempat tersebut sehingga dapat membedakkan dengan tempat lainnya.

2. Lensa


Pemilihan lensa yang tepat berpengaruh besar dalam landscape fotografi. Dalam landscape fotografi, lensa yang cocok untuk digunakan adalah lensa wide. Lensa wide biasanya memiliki panjang fokal lebih besar dari 35mm. Dengan demikian lensa wide mencakup gambar yang luas dan lebar. Karena pada intinya, landscape fotografi harus mencakup area yang luas.

Baca juga : Mengenal Jenis-jenis Lensa Kamera

3. Gunakan Polarizing Filter



Banyak fotografer landscape fotografi yang menggunakan filter jenis ini. Menurut mereka, filter ini memberikan dampak yang bagus pada hasilnya nanti. Polarizing Filter memiliki banyak keunggulan dalam hal landscape fotografi. Dengan Polarizing Filter, warna langit akan terlihat mempesona. Selain itu, jika kalian memotret persawahan atau rumput-rumput yang hijau, maka dengan filter ini akan menghidupkan warna hijau dari foto kalian. Lalu dengan filter ini, refleksi-refleksi yang sekiranya mengganggu akan terminimalisir.

4. Waktu Pengambilan Foto



Pagi dan sore adalah waktu yang dianjurkan dalam hal landscape fotografi. Dengan pencahayaan yang minim, akan membuat efek bayangan pada foto terlihat menarik. Selain itu, langit akan terlihat lebih indah dan mempesona yang memberikan kesan dramatis pada foto. Warna yang dihasilkan juga beragam dan terlihat menarik. Sehingga membuat komposisi dari sebuah foto terlihat sempurna, bukan?

Jauhilah waktu dimana matahari tepat diatas kepala kita atau siang hari. Karena pada waktu itu, cahay yang masuk terlalu banyak sehingga menciptakan kontras yang berlebih di foto kalian. Cahaya yang berlebih atau over exposure cenderung membuat detail dari foto kalian minim sehingga tidak terciptanya kedalaman.

5. Langit Bukan Elemen Wajib



Dalam proses pengambilan atau editing foto, jangan ragu untuk tidak menyertakan langit di dalam foto kita. Karena landscape fotografi tidak melulu soal langit. Hal ini perlu menjadi pertimbangan jika langit terlihat jelek atau kusam yang membuat hati kita tidak nyaman melihatnya. Tidak menampilkan langit bukan menjadi masalah yang besar dan tidak mengurangi estetika dari landscape fotografi. Bahkan dengan tidak menampilkan langit, orang yang melihat foto kita akan terfokus pada sesuatu yang lebih menarik dan tidak biasa orang lihat.

Sekian tips tentang landscape fotografi yang dapat saya bagikan. Semoga dengan kalian mengetahui dan mempraktikkan tips tersebut akan berdampak pada hasil foto kalian kedepannya. Selamat mencoba 😊

  























Share This :
Ihsan Prasetya